Senin, September 16, 2019

Hangout Kekinian


Sore-sore gini enaknya memang ngumpul dengan teman-teman. Saling bercanda dan bersenda gurau. Jika sore sudah tiba banyak anak-anak muda berkumpul di alun-alun kota, banyak makanan dan minuman yang dijajakan oleh para pedagang, seperti mi pecal, es buah, kripik pisang, dan lain-lain. Juga ada penyewaaan alat-alat bermain otopet, sepatu roda.  Berlokasikan di Jalan Lintas Sumatera, Ds. Sidomukti, Kec. Kisaran Barat, Kab. Asahan, Sumatera Utara.

Bagi yang suka berfoto bisa berselfie sepuasnya di sini. Banyak tempat-tempat yang “Instagrammable” katanya. Bahkan ada yang khusus memakai jasa photographer agar gambar yang diambil lebih bagus hasilnya. Kawula muda sangat memanfaatkan fasilitas yang ada di alun-alun kota. Apalagi ada akses internet yang diberikan semakin menambah untuk berlama-lama di tempat itu.

Membawa buku dan duduk di pinggir alun-alun diiringi angin yang sepoi-sepoi menambah keasyikan kegiatan membaca. Tempatnya sangat luas, ada kolam air, ada pendopo yang berbentuk kerang raksasa di bagian atapnya. Saat hari libur tiba, alun-alun kota akan semakin ramai, banyak wisatawan lokal maupun luar kota datang berkunjung. Untuk menikmati keindahan di tempat ini.



Di alun-alun kota juga terdapat kolam air yang dicat dengan warna ceria. Kolam air itu sangat besar, namun tak berisikan ikan. Jika berjalan di pinggirnya harap hati-hati terutama jika membawa anak kecil, karena di khawatirkan bisa terjatuh ke dalam kolam. Kolam air tersebut tidak dipasang pagar pengaman di pinggirnya, jadi kita harus berhati-hati.

Jika adzan sudah berkumandang bagi warga muslim bisa melaksanakan sholat di Masjid Agung Hj. Achmad Bakrie yang terletak tepat di samping alun-alun kota. “Bertakwalah engkau kepada Allah dimanapun/kapanpun/dalam keadaan bagaimanapun”HR AT-Tirmidzi.  Bagi yang beragama Islam, seasyik apapun bermain dan bercanda jangan sampai terlewat waktu sholat.



Masjid ini dibangun dengan megah bergaya arsitektur modern namun, sangat terlihat jelas khas melayu yang kental juga mirip dengan Taj Mahal yang ada di India. Di belakang masjid terdapat miniatur Ka’ Bah dan gedung Islamic Center.  Para pengurus masjid tidak pernah menutup pintu gerbang, agar para musafir bisa singgah untuk beristirahat. Bangunan masjid ini terdiri dari tiga lantai. Dilengkapi tempat wudhu dan toilet pada lantai satu. Tempat parkir kendaaran juga nyaman dan aman karena di jaga langsung oleh Satpol PP.



Di Masjid Agung Hj. Achmad Bakrie ini juga mengadakan banyak kegiatan religi, seperti pengajian, ceramah akbar, manasik haji, training keIslaman, dan lain-lain. Yang mana kegiatan-kegiatan tersebut banyak dilakukan oleh anak-anak muda setempat. Juga beberapa kali mengundang penceramah dari Ibu Kota.

Beberapa anak muda sering mengadakan kegiatan mengaji dengan cara berkelompok. Memanfaatkan waktu luang dengan mengisi kegiatan religi yang menentramkan hati. Karena bukan hanya tubuh yang butuh asupan makanan tapi juga hati. Jadi, tunggu apalagi. Daripada keluyuran tidak menentu lebih baik menghabiskan waktu di alun-alun kota dan Masjid Agung Hj. Achmad Bakrie dengan kegiatan positif nan santuy.

Sebelumnya
Selanjutnya

2 komentar:

  1. Hangot itu Hangout kali ya Kak.

    dari cerita ini saya jadi penasaran ingin menginjakkan kaki disana, melintasi lautan meninggalkan kampung halaman.
    hoalaaah ...

    aku suka banget sama kesimpulan yg kakak buat, wah. emang Hangout kekinian banget tuh. Harusnya semua bisa berpikiran seperti itu.

    BalasHapus
  2. Terimakasih bang sudah ngingetin tulisannya...kuyy liburan ke kab.asahan bawa seluruh biar makin rame

    BalasHapus