Saling bertukar kabar dengan
orang yang dikenal. Berkirim dan menerima pesan untuk mengetahui perkembangan
diri, situasi yang sedang terjadi atau melepas rindu di hati. Menulisnya dengan
sangat teliti, mengabari seseorang yang jauh di sana, tidak sempat atau terlalu
jauh jarak untuk ditempuh. Maka pesan akan mewakili setiap kata yang ingin
diucap.
Berjalan menuju kantor pos
terdekat dan tidak lupa pula menempelkan perangko di sudut surat. Berisi segala
kepentingan, yang diharapkan sampai ke tujuan dan diterima oleh penerima yang
dimaksudkan. Butuh kehati-hatian ketika menulis alamat, harus pasti tidak boleh
sedikitpun ada kesalahan. Nama, kecamatan, kabupaten, provinsi, harus jelas juga
tepat.
Seringnya yang terjadi, jika
penerima berpindah alamat dan pengirim tidak mengetahui hal tersebut maka surat
akan dikembalikan. Atau salah menuliskan, maka orang yang menerima bisa lain
pula. Belum lagi ketika proses pengiriman, surat bisa basah terkena hujan
bahkan hilang tidak tahu kemana. Padahal setiap isinya ada hal penting untuk
disampaikan.
Biaya yang dikenai cukup banyak.
Membeli kertas dan alat tulis untuk menuliskan isi surat, menyediakan amplop
sebagai pembungkusnya, juga perangko yang harus disertakan serta
lampiran-lampiran yang lain. Mengirimkannya harus mencari kotak pos terdekat,
jika tidak ada maka harus menempuh perjalanan untuk ke kantor pos, yang kurang
efisien dalam segi waktu.
Memang hingga kini, peran surat
sangatlah penting. Dokumen-dokumen butuh untuk diperiksa secara langsung,
terutama yang memiliki badan hokum, maka harus ada cetakan resmi sebagai sebuah
bukti. Namun, seiring perubahan zaman banyak kesulitan yang dapat diminimalisir
bahkan kemudahan yang yang sangat menguntungkan.
Photo by Austin Distel on Unsplash |
Pentingnya Penggunaan E-Mail Bisnis
Kini, mengirim surat tidak perlu
menggunakan proses yang panjang juga merumitkan. Adanya jaringan internet
merupakan jalan yang lapang untuk melakukan segala transaksi dengan cepat. Dengan
sebuah surat elektronik biasa disingkat menjadi Surel atau sering disebut E-Mail.
Merupakan kepanjangan dari Electronic Mail.
Awalnya mengirim surat akan
menjadi hal yang melelahkan. Segala kesulitan banyak dihadapi oleh orang-orang.
Nah, E-mail sangat mudah untuk digunakan. Dapat diakses kapan saja dan dimana
saja, bertukar pesan menjadi lebih nyaman. Tidak perlu lagi dengan banyaknya kekhawatiran.
Kenapa begitu? Karena terobosan ini bisa mencakup segala bidang.
Dengan E-Mail bukan hanya sekedar
proses mengirim dan menerima pesan. Akan tetapi lebih dari itu, dengan akses
internet dan komputer/laptop/smartphone, dapat mengetahui kabar terbaru dari
para rekan yang tinggal di tempat yang jauh.
Dulu, jika ingin melamar
pekerjaan yang berada di luar daerah tempat tinggal maka harus mengirim surat
lamaran kerja melalui kantor pos. Namun, kini hal itu sudah jarang dilakukan.
Justru setelah semakin berkembangnya zaman, sudah semakin canggih peralatan.
Banyak perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan, menganjurkan kepada
calon karyawan untuk mengirim berkas data diri hanya melalui E-Mail.
Oleh sebab itu para calon karyawan
tidak perlu khawatir apakah surat tersebut sampai atau tidak. Karena sudah
pasti alamat E-Mail akan langsung ditujukan kepada HRD, maka dapat langsung
diperiksa oleh pihak yang bersangkutan. Keamanan data dan kerapihannya terjaga,
tidak perlu waktu lama untuk proses pengiriman, hitungan detik sudah sampai ke
tujuan.
Untuk pengumuman seleksi
penerimaan calon karyawan, ketika gugur atau diterima maka pihak perusahaan
juga bisa langsung menghubungi para pelamar melalui E-Mail. Sangat mudah bukan?
Hal ini dapat dimanfaatkan oleh perseorangan atau perusahaan.
Dan tentu saja masih banyak lagi
yang dapat diperoleh keuntungannya. Bagi para pelaku bisnis, E-Mail dapat
dijadikan media promosi untuk menarik perhatian pelanggan. Pemberitahuan adanya
diskon atau fitur-fitur menarik yang disediakan bisa dikirim dengan cara
berkala ke E-Mail pelanggan yang setia. Dengan begitu dapat menghemat biaya
promosi secara drastis, cukup mengirim pesan yang sama ke seluruh pelanggan
yang telah terdaftar di data penjualan.
Dengan adanya E-Mail bisnis
menjadikan perseorangan atau perusahaan akan terkesan lebih profesional.
Konsumen akan lebih merasa teryakinkan, ketika melihat dan membaca sebuah
profil yang menyertakan E-Mail bisnis sebagai media dalam setiap proses
transaksi yang dilakukan. Nah, kini telah banyak penyedia jasa yang menyediakan
pembuatan E-Mail bisnis. Salah satunya dan yang terpercaya ialah Rumah Web.
Fitur-fitur yang diberikan
sangatlah beragam. Salah satunya ialah adanya Email Domain, dengan hal tersebut
dapat membukan akun bisnis sesuai yang diinginkan. Baik individu atau
perusahaan-perusahaan dapat menggunakan kemudahan yang telah disediakan.
Meyakinkan konsumen atas produk atau jasa yang dijual adalah hal yang sangat
penting.
Fasilitas Email Domain dari RumahWeb akan membantu dalam meluaskan dan memperbanyak pelanggan setia yang akan
berbondong-bondong membeli produk atau jasa yang dijual. Oleh sebab itu
keprofesionalitasan penting adanya dalam memperkenalkan merek yang ditawarkan,
yaitu dalam bentuk E-Mail bisnis atau Email Domain. Ketika tertarik kepada
sebuah produk barang atau jasa, konsumen akan mempertimbangkan banyak hal untuk
melanjutkan ke tahap pembelian. Email Domain yang profesional adalah salah
satunya. Maka penting adanya akun bisnis untuk dimikili seseorang atau sebuah
perusahaan, baik itu usaha kecil atau besar.
sumber gambar : www.rumahweb.com |
Aku ga nglewatin masa kirim surat pakai pos sih mba, hhee jadi ga ngrasain ribetnya. Tapi kalau tentang email setuju bangeeet, yang keren itu ada salinannya di histori jadi kan bisa dilihat lagi walau udah terkirim ya.
BalasHapusbener sekali mba
HapusKangen bau kantor pos waktu mau ambil wesel 😁 dan kirim lamaran kerja
BalasHapus:D
HapusSemoga lekas punya email bisnis. Aamiiin.
BalasHapusKalau manfaat buat blog pribadi kira-kira apa ya mbak? Jadi pengen juga sih kalau sudah punya bisnis dan punya blog TLd
BalasHapusblognya jadi makin mantap mba....bisa naikin statik dan lebih profesional tentunya
Hapus