Sabtu, November 02, 2019

Keyboard Biru (4)

Photo by Nhu Nguyen on Unsplash
(4)
Layarnya sebesar 14 inch, sangat luas untuk memandang. Tidak seperti handphone yang sangat kecil. Secara kegunaannya, laptop memiliki banyak hal yang bisa dimanfaatkan. Memasuki 2010 menggunakan komputer atau sejenisnya sudah banyak digandrungi. Untuk kebutuhan perkantoran ataupun pribadi. Processor Pentium dual core merupakan perangkat tercanggih pada saat itu.

Tugas merupakan amanah dari guru untuk dilakukan. Beresiko dihukum jika tidak selesai pada waktunya. Apalagi si Uci masuk ke dalam sekolah kejuruan, yang sudah pasti banyak melakukan kegiatan praktek mengenai bidang komputer.

Fasilitas di sekolah sangat memadai untuk proses belajar murid-murid. Tersedia laboratorium desain grafis, laboratorium jaringan, laboratorium untuk komputer dasar. Begitu juga dengan jurusan-jurusan lainnya. Masing-masing memiliki fasilitas yang lengkap sesuai bidangnya. Namun, yang menjadi kebingungan ialah, ingin memiliki laptop dan juga handphone sekaligus.

Pada saat itu, merasa keduanya merupakan kebutuhan yang perlu untuk dipenuhi. Pada saat, di sekolah, bisa memanfaatkan fasilitas yang ada, jika ada tugas selesai jam belajar, maka harus pergi ke warnet untuk menyelesaikannya. Biaya untuk ke warung internet memang cukup murah. Sesuai dengan uang saku anak-anak sekolah.

Dulu, pemakaian warnet selama satu jam, dikenai tarif Rp 3.000. Jika dua jam Rp 5.000, bisa mendapatkan diskon. Ketika selesai menyusun materi tugas, maka akan segera dicetak dan dibuat dalam bentuk kliping. Ada perasaan antusias, ketika membuat label nama. Menggunakan fasilitas Word Art pada aplikasi Microsoft Word, memilih bentuk-bentuk tulisan yang berwarna-warni, berbagai macam bentuk.

Agar label nama terlihat menarik. Biaya mencetak dokumen juga cukup murah. Dibedakan berdasarkan, isi setiap satu halaman. Jika terdapat gambar, maka harganya Rp 1.000, jika tidak ada maka Rp 500. Dan terkadang sering dibantu oleh penjaga warnet, jika ada kesulitan saat mencari materi. Atau bahkan jika koneksi internet sedikit terganggu.

Perbedaan harga terletak pada tinta yang digunakan. Untuk mencetak halaman yang terdapat gambar, maka menggunakan cartridge warna yang jika rusak akan memakan biaya yang mahal. Oleh sebab itu, ongkosnya tidak sama. Namun, letak warnet yang cukup jauh dari rumah, juga menjadi salah satu kendala saat ingin menyelesaikan tugas.

Kebingungan pun semakin menjadi-jadi. Antara laptop dan handphone hanya boleh memilih salah satu.

Ketika hati menginginkan ini
Namun juga menginginkan itu
Hanya boleh satu
Dua dan tiga tak ada
Bingung menetap dan selalu menghampiri

Sebelumnya
Selanjutnya

0 komentar: